Breaking News

Perangkat KBM

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Madrasah           :  MTs. Negeri 1  Tangerang
Mata Pelajaran             :  Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/ Semester                       :  IX (Sembilan) / I (Satu)
Materi Pokok               :  Wali Songo
Alokasi Waktu             :  12 x  JP ( 1 X Pertemuana @ 40 Menit)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, menalar, dan merefleksi, peserta didik diharapkan mampu:
§  Sikap :
o  Menghargai usaha dakwah yang dilakukan Walisongo dalam beramar ma’ruf nahi munkar.
o  Menghargai terhadap peninggalan para penyebar agama Islam dengan tidak menodai perjuangan mereka ke arah anarkis (mengandung kekerasan).
o  Menghargai sikap arif dan bijaksana sebagaimana sikap yang dimiliki para penyebar agama Islam di Indonesia.
o   Meneladani semangat perjuangan para penyebar agama Islam yang ikhlas dan tidak kenal lelah serta penuh kesabaran
§  Pengetahuan:
o  Menjelaskan biografi Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
o  Menjelaskan peran para tokoh dalam perkembangan Islam di Indonesia (Walisongo).
o  Menjelaskan  semangat perjuangan Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
§  Keterampilan:
o   Menulis tentang biografi para walisongo
o   Membuat kliping tentang peninggalan sejarah para walisongo

B.  Kompetensi  Dasar  dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD
IPK
1.3  Menghayati nilai-nilai perjuangan Walisongo dan lain-lain  dalam mensyiarkan Islam
1. Suka memulai memberi salam atau menyapa teman terlebih dahulu
2.   Suka menolong teman saat dibutuhkan
2.3  Meneladani sikap istiqamah seperti dicontohkan oleh  Walisongo dan lain-lain


1.      Suka menasehati yang baik terhadap teman
2.      Suka memaafkan jika ada orang lain berbuat salah
3.      Suka menutup aib teman
4.      Suka menampakkan wajah yang bersahabat di depan orang lain
3.3  Memahami biografi para tokoh dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia (Walisongo)
1. Menjelaskan biografi Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
2. Menjelaskan peran dan karya  para walisongo  dalam perkembangan Islam di Indonesia
3. Menjelaskan cara dakwah/metode para  Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
4.3  Menceritakan kisah perjuangan Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
1.    Menulis tentang biografi para walisongo
2.    Membuat kliping tentang peninggalan sejarah para walisongo


C. Metode Pembelajaran :
     Ceramah bervariasi, diskusi dan penugasan dengan pendekatan saintifik.

D. Materi Pembelajaran

Fakta                       :
§  Biografi para tokoh dan perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia(Walisongo)
§  Nilai-nilai perjuangan Walisongo dalam mensyiarkan Islam
§  Sikap istiqamah seperti dicontohkan oleh  Walisongo .
 (ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi).

E.  Media Pembelajaran (alat bantu pemebalajaran)
§  Multi media dan internet  serta In focus
§  Kertas karton/papan white board dan spidol
§  Dikat/LKS SKI

F.  Sumber Belajar :
§  Buku SKI siswa
§  Buku  SKI guru
§  Perpusakaan Madrasah
§  Ensiklopedia Islam

G. Langkah-langkah Pembelajaran
            Pertemuan ke-1,2 & 3 (PH)
1.      Pendahuluan:
o   Persiapan Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
o   Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
o   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
o   Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar atau  menggunakan multimedia berbasis ICT atau media lainnya.
o   Untuk menguasai kompetensi ini, salah satu model pembelajaran yang cocok di antaranya:

2.      Inti :
Pertemuan 1
§  Model Examples Non-examples (Contoh non-contoh)
o   Guru mempersiapkan gambar-gambar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran.
o   Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP/In Focus/LCD.
o   Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
o   Melalui diskusi kelompok 4-5 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas.
o   Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya.
o   Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
o   Kesimpulan.

Peremuan 2
§  Group Investigation
o   Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen.
o   Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok.
o   Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain.
o   Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan.
o   Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok.
o   Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan.
o   Evaluasi.
Pelaksanaan
o   Guru meminta peserta didik mengamati gambar/visual dalam rubrik “Amati dan Perhatian.”
o   Setelah mengamati kisah dan memperhatikan gambar, Guru memberi stimulus  peserta didik agar penasaran terhadap apa yang diamatinya, lalu merangsang peserta didik untuk membuat pertanyaan dari hasil pengamatan pada kolom “Penasaran?”.
o   Usahakan guru tidak menjawab pertanyaan-pertanyan peserta didik, melainkan melempar pertanyaan tersebut kepada peserta didik yang lain.
o   Guru memberi petunjuk untuk membaca materi pada rubrik “Buka cakrawalamu!” untuk menjawab rasa penasaran peserta didik.
o   Setelah peserta didik membaca, guru memberi stimulus pada peserta didik untuk menalar materi dengan menyuruh peserta didik melakukan kegiatan dalam tahapan “Kembangkan wawasanmu!”  dengan membuat naskah drama dakwah salah Satu Walisogo untuk di simulasikan dengan durasi sekitar 15 menit.
o   Guru memberi penguatan terhadap hasil naskah Walisongo.
o   Peserta didik mensimulasikan dakwah Walisongo dengan membuat drama sederhana secara berkelompok dengan bimbingan guru.
o   Peserta didik melakukan tanya jawab tentang hasil simulasi Walisongo yang benar dan baik jika ada yang ingin ditanyakan atau disanggah dengan bimbingan guru.
o   Guru memberi penguatan dan reward hasil simulasi tentang Walisongo.
3. Penutup
o   Guru bertanya kepada  peserta didik tentang manfaat/hikmah mempelajari materi Walisongo
o   Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi Walisongo
o   Guru meminta peserta didik secara jujur menjawab Soal-soal penalaran  pada rubrik “Refleksi” sebagai berikut: Setelah kalian mempelajari Walisongo di atas,sekarang renungkan dan jawab pertanyaan berikut sesuai dengan keadaanmu dengan jujur!
1)      Pernah atau tidak kamu berziarah ke makam salah satu Walisongo untuk mengenang jasa-jasa mereka dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia?
2)      Dalam seminggu terakhir, berapa kalikah kamu mengajak temanmu shalat berjama’ah di masjid?
3)      Dalam sebulan terakhir, berapa kalikah kamu mengajak temanmu untuk mengikuti pengajian/ceramah agama di sekitarmu?
4)      Apa yang akan kamu lakukan jika ada tetangga yang suka berbuat jahat atau zalim kepadamu?
o   melakukan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok;
o   menginformasikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
H. Penilaian
Penilaian Hasil Pembelajaran:
Kode KD
Materi Pokok
Indikator
Teknik dan Bentuk Penilaian
Instrumen Penilaian
1.2
Nilai-nilai perjuangan yang dicontohkan oleh juru dakwah di di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1. Suka memulai memberi salam atau menyapa teman terlebih dahulu
2. Suka menolong teman saat dibutuhkan
Observasi  Guru,
Penilaian Diri dan antar teman
Terlampir
2.2
Nilai-nilai sejarah perkembangan Islam di Indonesia
1.      Suka menasehati yang baik terhadap teman
2.      Suka memaafkan jika ada orang lain berbuat salah
3.      Suka menutup aib teman
4.      Suka menampakkan wajah yang bersahabat di depan orang lain
Observasi  Guru,
Penilaian Diri dan antar teman
Terlampir
3.2
Sejarah kerajaan Islam di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
1. Jelaskan biografi para walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia !
2. Jelaskan peran dan karya  para walisongo  dalam perkembangan Islam di Indonesia !
3. Jelaskan cara dakwah/metode para  Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia!
Tes tertulis dan Lisan
Pilihan Ganda, Uraian bebas dan terbatas (terlampir)
4.2
-
1.      Tulislah tentang drama sederhana  walisongo !
2.       
3.      Buatlah  kliping tentang peninggalan sejarah para walisongo !
Penugasan
Uraian bebas (terlampir)











Tangerang,    Oktober  2016
Mengetahui :
Kepala Madrasah,                                                              Guru MP.SKI,



Drs. H. NURUL YAKIN, MA                                                          SYAFEI,S.Ag. M.Si
NIP. 196705142001121001                                                           NIP. 197108131997031003


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed Template By Blogger Templates - Powered by Sagusablog