RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama
Madrasah : MTs. Negeri 1 Tangerang
Mata
Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas/
Semester : IX (Sembilan) /
I (Satu)
Materi
Pokok : Wali Songo
Alokasi
Waktu : 12 x
JP ( 1 X Pertemuana @ 40 Menit)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengekplorasi, menalar, dan
merefleksi, peserta didik diharapkan mampu:
§
Sikap
:
o Menghargai usaha dakwah yang dilakukan Walisongo dalam
beramar ma’ruf nahi munkar.
o Menghargai terhadap peninggalan para penyebar agama Islam
dengan tidak menodai perjuangan mereka ke arah anarkis (mengandung kekerasan).
o Menghargai sikap arif dan bijaksana sebagaimana sikap
yang dimiliki para penyebar agama Islam di Indonesia.
o Meneladani semangat perjuangan para penyebar agama Islam
yang ikhlas dan tidak kenal lelah serta penuh kesabaran
§
Pengetahuan:
o Menjelaskan biografi Walisongo dalam menyebarkan agama Islam
di Indonesia.
o Menjelaskan peran para tokoh dalam perkembangan Islam di
Indonesia (Walisongo).
o Menjelaskan
semangat perjuangan Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di
Indonesia.
§
Keterampilan:
o Menulis tentang biografi para
walisongo
o Membuat kliping tentang peninggalan
sejarah para walisongo
B. Kompetensi Dasar
dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KD
|
IPK
|
1.3 Menghayati
nilai-nilai perjuangan Walisongo dan lain-lain dalam mensyiarkan Islam
|
1. Suka memulai
memberi salam atau menyapa teman terlebih dahulu
2. Suka menolong teman saat dibutuhkan
|
2.3 Meneladani
sikap istiqamah seperti dicontohkan oleh Walisongo
dan lain-lain
|
1.
Suka menasehati yang baik terhadap teman
2.
Suka memaafkan jika ada orang lain berbuat salah
3.
Suka menutup aib teman
4.
Suka menampakkan wajah yang bersahabat di depan
orang lain
|
3.3 Memahami
biografi para tokoh dan perannya dalam
mengembangkan Islam di Indonesia (Walisongo)
|
1.
Menjelaskan biografi Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
2.
Menjelaskan peran dan karya para
walisongo dalam perkembangan Islam di
Indonesia
3.
Menjelaskan cara dakwah/metode para
Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
|
4.3 Menceritakan kisah
perjuangan Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia.
|
1. Menulis tentang biografi para
walisongo
2. Membuat kliping tentang peninggalan
sejarah para walisongo
|
C. Metode Pembelajaran :
Ceramah bervariasi, diskusi dan penugasan
dengan pendekatan saintifik.
D. Materi Pembelajaran
Fakta :
§ Biografi para tokoh dan
perannya dalam mengembangkan Islam di Indonesia(Walisongo)
§ Nilai-nilai perjuangan
Walisongo dalam mensyiarkan Islam
§ Sikap istiqamah seperti dicontohkan oleh Walisongo .
(ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai
dengan rumusan indikator ketercapaian kompetensi).
E. Media Pembelajaran (alat bantu pemebalajaran)
§
Multi media dan internet serta In
focus
§
Kertas karton/papan white board dan spidol
§
Dikat/LKS SKI
F. Sumber Belajar :
§
Buku SKI siswa
§
Buku SKI guru
§
Perpusakaan Madrasah
§
Ensiklopedia Islam
G. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke-1,2 & 3 (PH)
1.
Pendahuluan:
o Persiapan Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama.
o Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk
disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
o Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
o Guru mempersiapkan media/alat peraga/alat bantu bisa berupa gambar
atau menggunakan multimedia berbasis ICT
atau media lainnya.
o Untuk menguasai kompetensi ini, salah satu model pembelajaran yang
cocok di antaranya:
2.
Inti :
Pertemuan 1
§ Model Examples Non-examples (Contoh
non-contoh)
o Guru mempersiapkan gambar-gambar yang sesuai dengan
tujuan pembelajaran.
o Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan
melalui OHP/In Focus/LCD.
o Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada
siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
o Melalui diskusi kelompok 4-5 orang siswa, hasil
diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas.
o Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil
diskusinya.
o Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai
menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
o Kesimpulan.
Peremuan 2
§ Group Investigation
o Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok
heterogen.
o Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas
kelompok.
o Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas
sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari
kelompok lain.
o Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah
ada secara kooperatif berisi penemuan.
o Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara, ketua
menyampaikan hasil pembahasan kelompok.
o Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi
kesimpulan.
o Evaluasi.
Pelaksanaan
o Guru meminta peserta didik mengamati gambar/visual
dalam rubrik “Amati dan Perhatian.”
o Setelah mengamati kisah dan memperhatikan gambar,
Guru memberi stimulus peserta didik agar
penasaran terhadap apa yang diamatinya, lalu merangsang peserta didik untuk
membuat pertanyaan dari hasil pengamatan pada kolom “Penasaran?”.
o Usahakan guru tidak menjawab pertanyaan-pertanyan
peserta didik, melainkan melempar pertanyaan tersebut kepada peserta didik yang
lain.
o Guru memberi petunjuk untuk membaca materi pada
rubrik “Buka cakrawalamu!” untuk menjawab rasa penasaran peserta didik.
o Setelah peserta didik membaca, guru memberi stimulus
pada peserta didik untuk menalar materi dengan menyuruh peserta didik melakukan
kegiatan dalam tahapan “Kembangkan wawasanmu!”
dengan membuat naskah drama dakwah salah Satu Walisogo untuk di
simulasikan dengan durasi sekitar 15 menit.
o Guru memberi penguatan terhadap hasil naskah
Walisongo.
o Peserta didik mensimulasikan dakwah Walisongo dengan
membuat drama sederhana secara berkelompok dengan bimbingan guru.
o
Peserta
didik melakukan tanya jawab tentang hasil simulasi Walisongo yang benar dan
baik jika ada yang ingin ditanyakan atau disanggah dengan bimbingan guru.
o
Guru
memberi penguatan dan reward hasil simulasi tentang Walisongo.
3.
Penutup
o Guru bertanya kepada peserta didik tentang manfaat/hikmah
mempelajari materi Walisongo
o Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan
materi Walisongo
o Guru meminta peserta didik secara jujur menjawab
Soal-soal penalaran pada rubrik
“Refleksi” sebagai berikut: Setelah kalian mempelajari Walisongo di
atas,sekarang renungkan dan jawab pertanyaan berikut sesuai dengan keadaanmu
dengan jujur!
1) Pernah atau tidak kamu berziarah ke makam salah satu
Walisongo untuk mengenang jasa-jasa mereka dalam menyebarkan agama Islam di
Indonesia?
2) Dalam seminggu terakhir, berapa kalikah kamu
mengajak temanmu shalat berjama’ah di masjid?
3) Dalam sebulan terakhir, berapa kalikah kamu mengajak
temanmu untuk mengikuti pengajian/ceramah agama di sekitarmu?
4) Apa yang akan kamu lakukan jika ada tetangga yang
suka berbuat jahat atau zalim kepadamu?
o melakukan kegiatan tindak lanjut
dalam bentuk pemberian tugas, baik tugas individual maupun kelompok;
o
menginformasikan
rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya.
H. Penilaian
Penilaian
Hasil Pembelajaran:
Kode
KD
|
Materi
Pokok
|
Indikator
|
Teknik
dan Bentuk Penilaian
|
Instrumen
Penilaian
|
1.2
|
Nilai-nilai perjuangan yang dicontohkan oleh juru dakwah di di Jawa, Sumatera, dan Sulawesi
|
1. Suka memulai
memberi salam atau menyapa teman terlebih dahulu
2. Suka menolong
teman saat dibutuhkan
|
Observasi Guru,
Penilaian Diri dan antar teman
|
Terlampir
|
2.2
|
Nilai-nilai sejarah perkembangan
Islam di Indonesia
|
1.
Suka menasehati yang baik terhadap teman
2.
Suka memaafkan jika ada orang lain berbuat salah
3.
Suka menutup aib teman
4.
Suka menampakkan wajah yang bersahabat di depan
orang lain
|
Observasi Guru,
Penilaian Diri dan antar teman
|
Terlampir
|
3.2
|
Sejarah kerajaan Islam di Jawa,
Sumatera, dan Sulawesi
|
1.
Jelaskan biografi para walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia !
2.
Jelaskan peran dan karya para
walisongo dalam perkembangan Islam di
Indonesia !
3.
Jelaskan cara dakwah/metode para
Walisongo dalam menyebarkan agama Islam di Indonesia!
|
Tes tertulis dan Lisan
|
Pilihan Ganda, Uraian bebas dan
terbatas (terlampir)
|
4.2
|
-
|
1. Tulislah tentang drama sederhana walisongo !
2.
3. Buatlah kliping tentang peninggalan sejarah para
walisongo !
|
Penugasan
|
Uraian bebas (terlampir)
|
Tangerang, Oktober
2016
Mengetahui :
Kepala Madrasah, Guru
MP.SKI,
Drs. H. NURUL YAKIN, MA
SYAFEI,S.Ag. M.Si
NIP. 196705142001121001 NIP. 197108131997031003
Tidak ada komentar:
Posting Komentar